Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Beserta Sejarah Lengkap Perumusannya

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 12:43 WIB
Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Beserta Sejarah Lengkap Perumusannya (kemendikbud)
Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Beserta Sejarah Lengkap Perumusannya (kemendikbud)

URBANBANDUNG – Teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Presiden Ir Soekarno pada 17 Agustus 1945 sebagai penanda kemerdekaan Indonesia. Perumusan naskah proklamasi melibatkan sejumlah tokoh.

Sejarah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sangat sakral bagi bangsa Indonesia. Hal yang membuat Teks Proklamasi Kemerdekaan ini sakral ini adalah proses perumusan, isi, dan makna teks proklamasi yang menjadi bukti proklamasi Indonesia telah merdeka pada 17 Agustus 1945.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 melalui proses yang cukup panjang dan tidak mudah. Setelah Kaisar Hirohito menyatakan menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada 15 Agustus 1945, golongan muda mendesak Soekarno dan Hatta memanfaatkan situasi tersebut untuk menyatakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disusun dalam waktu yang sangat singkat. Isinya terdiri dari dua alinea yang menyatakan kemerdekaan Indonesia dan pemindahan kekuasaan.

Baca Juga: 20 Link Twibbon HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Keren Dan Unik, Cocok Untuk Dipasang Saat 17 Agustus

Isi Naskah Proklamasi

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia mengalami perubahan antara yang ditulis tangan oleh Presiden Ir Soekarno dengan naskah yang dibacakan pada 17 Agustus 1945.

Berikut isi naskah proklamasi yang dibacakan oleh Presiden Ir Soekarno:

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta.

Naskah proklamasi tersebut sedikit berbeda dengan naskah-naskah yang tulisan oleh tangan Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 dini hari, yang sempat disimpan oleh Burhanuddin Mohammad Diah. Teks di atas merupakan penyempurnaan yang dilakukan oleh Sayuti Melik saat mengetik teks proklamasi.

Perbedaan tersebut berkenaan dengan kata "hal2" pada paragraf kedua baris pertama diubah menjadi "hal-hal", kemudian kata "saksama" pada paragraf kedua baris kedua diubah menjadi "tempo". Selanjutnya penulisan tanggal dan bulan "Djakarta 17-08-05" menjadi "Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05" dan kalimat "wakil2 bangsa Indonesia" menjadi "Atas nama bangsa Indonesia".

Pada hari Proklamasi Kemerdekaan, teks yang telah diketik dibacakan oleh Soekarno didampingi Mohammad Hatta pada hari Jumat pukul 10.00 Wib di serambi depan rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Djakarta.

Baca Juga: Sejarah 6 Agustus: Tragedi Bom Atom Hiroshima tahun 1945

Sejarah Perumusan Teks Proklamasi

Ir Soekarno pertama kali menuliskan kata pernyataan proklamasi, kemudian Ahmad Subarjo menyampaikan kalimat 'Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia'.

Setelah itu juga, Mohammad Hatta menambahkan kalimat, 'Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempoh yang sesingkat-singkatnya. Soekarno pun menuliskan 'Jakarta, 17-8-'05 Wakil-wakil bangsa Indonesia' sebagai penutup naskah proklamasi.

Setelah itu, Soekarno meminta kepada Sayuti Melik untuk mengetik naskah teks proklamasi yang benar. Terdapat tiga perubahan yang disepakati, yaitu kata 'tempoh' diganti 'tempo', kata 'wakil-wakil bangsa Indonesia' diganti dengan 'Atas nama bangsa Indonesia', serta 'Djakarta, 17-8-05' menjadi 'Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen '05'.***

Editor: Nur Nabila

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Terkini

Bagaimana Jika Kamu Selalu Julid di Kantor? Yuk Simak!

Rabu, 28 September 2022 | 14:55 WIB

Asal Usul Jelangkung, Ritual Pemanggil Arwah Dewa

Jumat, 23 September 2022 | 19:45 WIB

Film Magic Mike, Kisah Para Penari Striptis Pria

Jumat, 23 September 2022 | 13:00 WIB

Kisah Hantu Anak Kecil, Gentayangi Ibunya Sendiri

Kamis, 22 September 2022 | 11:45 WIB

Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Bermuka Dua, Yuk Intip!

Kamis, 22 September 2022 | 09:50 WIB

Hal-hal Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Bosan, Yuk Simak!

Selasa, 20 September 2022 | 10:45 WIB
X