Cara Membuat Pupuk Cangkang Telur Untuk Tanaman Hias Anggrek Berbunga Super Mekar

- Kamis, 29 September 2022 | 13:20 WIB
Cara Membuat Pupuk Cangkang Telur Untuk Tanaman Hias Anggrek Berbunga Super Mekar (situs tribun jabar )
Cara Membuat Pupuk Cangkang Telur Untuk Tanaman Hias Anggrek Berbunga Super Mekar (situs tribun jabar )

URBANBANDUNG - Membuat Pupuk cangkang telur untuk tanaman hias anggrek merupakan pilihan yang tepat. Selain murah pupuk juga alami tanpa ada resiko terhadap anggrek.
 
Jika kamu mempunyai cangkang telur di rumah, sebaiknya jangan dibuang. Tapi jadikan Pupuk cangkang telur untuk tanaman hias anggrek
 
Pupuk cangkang telur kaya akan nutrisi yang baik serta bisa membuat anggrek berbunga super karena ia ada kandungan kalsium dan kalium yang tinggi untuk media tanam.
 
Karena kaya akan kalsium pupuk cangkang telur juga didapuk bisa menjaga pertumbuhan tanaman hias anggrek agar tidak kerdil, bunga tidak mudah layu dan gugur, serta bisa mencegah terserang hama seperti lalat buah.
 
 
Dalam artikel berjudul 'Cara Membuat Pupuk Cangkang Telur Untuk Tanaman Hias Anggrek Berbunga Super Mekar' akan menjelaskan lebih detail. 
 
Dilansir dari hasil penelitian yang berjudul Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur sebagai Pupuk Organik Tanaman Sayur berikut adalah sejumlah manfaat dari pupuk cangkang telur : 
 
a. Membuat tanaman jadi subur karena kaya akan kalsium dan kalium
 
b. Untuk media penyemaian bibit yang baik karena bahan ini dapat terurai secara alami serta tanpa limbah.
 
c. Bisa mengendalikan hama karena beberapa tidak menyukai bau telur
 
d. Bisa mengusir gulma dan menggemburkan media tanam sehingga tanaman jadi subur
 
e. Mampu menetralkan ph tanah sehingga jadi tumbuh optimal
 
 
f. Memperbaiki Kelonggaran Tanah
 
Jika tanah yang digunakan di media tanam  berat atau terlalu padat, maka hal akan membantu tanaman sulit bernapas.
 
Serta hal ini juga akan membuat air sulit meresap ke dalam tanah dan menyebabkan genangan air di media. Dan pada akhir berdampak buruk pada akar.
 
g. Sebagai suplemen atau nutrisi untuk akar tanaman agar tumbuh maksimal.
 
Dengan sejumlah manfaat cangkang telur diatas, maka sudah waktunya kamu membuat pupuk cangkang telur untuk tanaman hias anggrek.
 
Dilansir dari unggahan Youtube Vuron & Nha, berikut adalah cara membuat pupuk cangkang telur untuk tanaman hias anggrek. Pada tahap pembuatan pupuk ini sebaiknya tambahkan bahan yang lain agar anggrek berbunga super mekar.
 
 
Siapkan alat dan bahan berikut
 
- pelet organik (dari sayur)
- pupuk kandang (kotoran kambing)
- cangkang telur 
- bubuk sabut kelapa (dari sabut kelapa yang dihaluskan)
- kantong jaring untuk wadah pupuk alami ini
- corong
- air secukupnya
- botol semprot
 
Cara membuat pupuk cangkang telur
 
1. Hancurkan cangkang telur hingga menjadi kepingan kecil-kecil di wadah
 
2. Lalu campurkan dengan kotoran kambing, pelet organik dan bubuk sabut kelapa atau cocopeat dengan perbandingan sama yaitu 1:1:1:1
 
3. Aduk hingga tercampur merata
 
4. Siapkan kantong jaring memanjang lalu masukkan campuran pupuk cangkang telur tadi, agar lebih mudah gunakan corong saat memasukkan pupuk ini ke dalam jaring.
 
5. Ikat jaring menggunakan tali pada bagian yang terbuka
 
Nah jika sudah maka kamu bisa meletakkan pupuk alami ini di media tanam tanaman hias anggrek, jika kamu menanamnya di media batang maka letakkan di sela batang kemudian diikat
 
Penggunaan pupuk alami yaitu pupuk cangkang telur ini bisa bertahan hingga 1 tahun lamanya, namun jangan lupa melakukan penyiraman secara rutin dengan air secukupnya. Dan sebaiknya menggunakan botol semprot saat menyiram.
 
Nah itulah cara membuat pupuk cangkang telur untuk tanaman hias anggrek. Dengan menggunakan pupuk alami ini ketika memasuki musim berbunga ia akan berbunga super mekar dan banyak.
 
Demikian Cara Membuat Pupuk Cangkang Telur Untuk Tanaman Hias Anggrek Berbunga Super Mekar. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.***

Editor: Nur Nabila

Sumber: Youtube Vuron & Nha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X