Cara Mudah Buat Tanaman Cabe Tumbuh Subur, Bebas Serangan Hama dan Panyakit Patek

- Rabu, 23 November 2022 | 14:10 WIB
Cara Mudah Buat Tanaman Cabe Tumbuh Subur, Bebas Serangan Hama dan Panyakit Patek
Cara Mudah Buat Tanaman Cabe Tumbuh Subur, Bebas Serangan Hama dan Panyakit Patek

URBANBANDUNG - Siapa yang tidak mau memiliki tanaman cabe tumbuh subur bebas terserang hama dan penyakit patek. Tentul hal ini adalah yang paling di inginkan, karena serangan patek bisa mengakibatkan gagal panen yang paling sering terjadi.

Sering sekali hama dan penyakit pate menyerang tanaman cabe tumbuh subur bahkan menjelang dipanen secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja membuat para petani bisa mengalami kerugian.

Banyak permasalahan pada tanaman cabai yang ternyata bisa diatasi oleh bumbu dapur satu ini. Bahan ini adalah garam. Tenyata garam untuk tanaman cabebisa membantu pertumbuhan tanaman cabe loh, salah satunya mengatasi penyakit patek.

Penyakit patek pada tanaman cabe disebabkan oleh jamur yang bernama colletroticum capsici yang muncul saat kondisi lingkungan lembab seperti ketika musim hujan. Penyakit ini perlu perhatian khusus karena dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya bagi tanaman cabe tumbuh subur.

Baca Juga: Cuma Tabur Garam Untuk Tanaman Hias, Hasilnya Bikin Puas!

Penyakit patek atau juga disebut antraknosa biasanya menyerang pada hampir semua bagian tanaman, mulai dari ranting, cabang, daun dan juga buah. Fase serangannya pun mulai sejak fase perkecambahan, fase vegetatif atau pertumbuhan sampai fase generatif atau pembuahan.

Selain itu biasanya patek datang dari tanaman inang yang cukup beragam. Selain pada cabe atau tomat, tanaman yang menjadi inang dari penyakit antraknosa ini antara lain paprika (sweet pepper), semangka, buah naga, melon, timun, bawang merah juga buah mangga.

Garam ternyata mempunyai kandunga natrium yang merupakan salah satu unsur hara mikro yang dapat menggantikan peran unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman, yaitu kalium.
Sedangkan klorin adalah salah satu unsur hara mikro yang sangat berperan dalam memperlancar proses fotosintesis pada tanaman.

Penasarankan bagaimana cara menggunakan garam dapur untuk mengatasi patek pada tanaman cabe pun sangat mudah, simak selengakapnya di bawah ini ya.

Halaman:

Editor: Alifiya Atiar Salsabila

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X