Cara Gunakan Limbah Rokok Menjadi Pestisida Nabati, Tenaman Cabai Tumbuh Subur Bebas Dari Segala Jenis Hama

- Kamis, 24 November 2022 | 10:35 WIB
Cara Gunakan Limbah Rokok Menjadi Pestisida Nabati,Tenaman Cabai Tumbuh Subur Bebas Dari Segala Jenis Hama
Cara Gunakan Limbah Rokok Menjadi Pestisida Nabati,Tenaman Cabai Tumbuh Subur Bebas Dari Segala Jenis Hama

URBANBANDUNG - Limbah adalah sisa material atau buangan bahan yang sudah tidak dianggap memiliki nilai yang dapat dihasilkan dari suatu proses produksi. Salah satunya adalah limbah roko yang ternyata berguna untuk tanaman cabai tumbuh subur.

Meski limbah rokok atau biasa disebut juga dengan puntung rokok bisa berbahaya bagi kesehatan lingkungan dan manusia. Namun puntung roko yang masih terdapat sisa tembakau didalam ternyata bisa dijadikan pestisida untuk membasmi hama yang tentunya menjaga tanaman cabai tumbuh subur.

Lalu bagaimana kan cara gunakan limbah rokok menjadi pestisida nabati yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman cabai tumbuh subur dan terbebas dari serangan semua jenis hama. Nah, kali ini Tim Redaksi Urban Bandung akan mengupas tuntas cara menggunakan tembakau.

Baca Juga: Kamu Wajib Tahu! Ini Cara Menghilangkan Agas Jamur pada Tanaman

Namun sebelum itu kita cari tau dulu apa kegunaan dari tembakau bagi tanaman cabai simak selengkapnya ya.

Meski pun tembakau kerap berkonotasi negatif karena dijadikan sebagai bahan utama rokok yang membahayakan kesehatan, ternyata bahan satu ini berguna dalam dunia berkebun salah satunya bisa membantu pertumbuhan tanaman cabai tumbuh subur.

Tembakau memiliki kandungan zat alkaloid nikotin, yakni sejenis neurotoksin yang ampuh jika diaplikasikan pada serangga.

Kandungan nikotin pada tembakau memiliki bau yang menyengat, sehingga para hama sangat tidak menyukainya maka inilah beberapa manfaat dari puntung rokok atau tembakau.

Baca Juga: Rangkai Botol Plastik Jadi Menara seperti Ini Tanaman Hias Daun Lebih Segar dan Hijau Mengkilap

Halaman:

Editor: Widio Trianto Prakoso

Sumber: YouTube Tanaman Rumah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X