Buah Cabe Busuk Sebelum Panen? Itu Ulah Hama Ulat Dan Thrips, Pakai Insektisida Alami Tanaman Cabe Ini

- Kamis, 24 November 2022 | 11:10 WIB
Buah Cabe Busuk Sebelum Panen? Itu Ulah Hama Ulat dan Thrips, Pakai Insektisida Alami Tanaman Cabe Ini
Buah Cabe Busuk Sebelum Panen? Itu Ulah Hama Ulat dan Thrips, Pakai Insektisida Alami Tanaman Cabe Ini

URBANBANDUNG - Kendala yang sering terjadi adalah buah cabe busuk sebelum masa panen, yang membuat petani merugi dan beralih mencoba inovasi baru yakni insektisida alami tanaman cabe.

Inovasi ramuan insektisida alami tanaman cabe yang berbahan daun serai wangi, merupakan cara ilmiah yang paling murah dalam menekan jumlah buah busuk akibat serangan ulat dan thrips.

Sudah sejak beberapa tahun terakhir, banyak penelitian terkait penggunaan insektisida alami tanaman cabe dengan berbahan serai wangi.

Baca Juga: Manfaat Garam Untuk Tanaman Cabai, Bumbu Dapur Obat Segala Masalah

Seperti penelitian insektisida alami tanaman cabe yang berasal dari Kementrian Pertanian Indonesia, berjudul Serai Wangi sebagai Pestisida Nabati Pengendalian Penyakit Vascular.

Penelitian tersebut banyak mengungkap fakta baru dalam pembasmian hama ulat dan thrips yang sekali mengganggu tanaman cabe para petani.

Kandungan minyak atsiri dalam serai wangi yang telah dicacah kecil untuk mendapatkan bau harum khas serai, merupakan racun pernapasan bagi sebagian parasit serangga.

Namun apabila digunakan dalam dosis yang lumayan banyak dan penggunaan yang konsisten, cairan serai wangi ini mampu membunuh hama ulat dan thrips.

Bau wangi yang hampir mirip jeruk, membuat hama ulat dan thrips biasanya tidak nyaman, dan enggan hinggap pada tanaman cabe.

Halaman:

Editor: Widio Trianto Prakoso

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X