Harus Dicoba! Cara Mengatasi Keriting Daun Pada Tanaman Tomat Dijamin Ampuh

- Kamis, 24 November 2022 | 18:30 WIB
Harus Dicoba! Cara Mengatasi Keriting Daun Pada Tanaman Tomat Dijamin Ampuh ( viotani.com)
Harus Dicoba! Cara Mengatasi Keriting Daun Pada Tanaman Tomat Dijamin Ampuh ( viotani.com)


URBANBANDUNG - Cara mengatasi keriting daun pada tanaman tomat yang salah satu penyebabnya adalah serangan hama thrips, hama ini merupakan organisme penganggu tanaman termasuk tanaman tomat.

Hama thrips ini biasanya akan menyerang tanaman tomat yang masih muda, dengan cara menghisap cairan dari tanaman yang sehingga pertumbuhan tanaman akan terganggu. Jadi segeralah mengatasi keriting daun pada tanaman tomat anda agar tanaman tidak layu atau bahakan mati.

Hama ini bersembunyi di bagian bawah daun muda pada tanaman, dan daun itu akan menunjukkan tanda seperti daun berubah warna keperakan atau daun akan mengeriting keatas. Dan anda bisa mengatasi keriting daun pada tanaman tomat yang disebabkan oleh thrips ini dengan cara kimiawi atau secara mekanis.

Baca Juga: Ini Dia Cara Membuat Pestisida Alami dari Sabun dan Cabai, Dijamin Tunas Tumbuh Banyak!

Gejala awalnya tanaman tomat terkena serangan thrips ini dengan ditemukannya daun yang mengeriting atau menggulung keatas. Dan akibat dari serangan hama thrips ini daun tanaman tanaman akan mengeriting , mengering lalu tanaman akan mati. Dengan adanya serangan hama thrips ini juga bisa mengakibatkan bunga atau bakal buahnya menjadi rontok, dan bahkan juga bisa mengakibatkan tanaman gagal panen.

Mengatasi keriting daun dengan cara mekanis

Cara mengatasi dengan mekanis ini berupa pengendalian secara fisik atau langsung pada tanaman, bisa secara manual atau menggunakan alat bantu. Anda bisa menggunakan mulsa perak untuk mengusir hama thrips ini yang menyebabkan keriting daun pada tanaman tomat.

Dengan menggunakan mulsa perak ini akan memantulkan cahaya matahari yang datang dari atas sehingga hama thrips ini tidak betah dan akan pergi dari tanaman tomat. Sebab hama thrips ini tidak menyukai cahaya matahari yang panas atau tidak tahan terhadap panasnya cahaya matahari.

Atau bisa melakukan pembersihan gulma yang tumbuh disekitar tanaman tomat, sebab gulma atau tanaman liar ini bisa menjadi tanaman inang untuk hama thrips ini.

Halaman:

Editor: aw

Sumber: kampustani.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X