Tiada Lain Tiada Bukan, Kunyit Sebagai Pestisida Alami, Ampuh Atasi Daun Keriting pada Tanaman Cabe

- Kamis, 24 November 2022 | 20:00 WIB
Atasi daun keriting pada tanaman cabe (BBCGoodfood)
Atasi daun keriting pada tanaman cabe (BBCGoodfood)

URBANBANDUNG - Masalah daun keriting nggak bisa dianggap sepele. Atasi daun keriting pada tanaman cabe secara organik akan tanaman cabe Anda selamat dari hama.

Seperti yang diketahui, cara atasi daun keriting pada tanaman cabe bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dengan pestisida kimia dan secara organik.

Dengan pestisida, fakta atasi daun keriting pada tanaman cabe mungkin saja berefek negatif. Namun lain lagi jika Anda menggunakan cara organik. Karena bahan dasarnya bersifat organik, sisa pestisida yang tertinggal di tanah ataupun tanaman akan lebih mudah terurai dan hilang.

Hal inilah yang membuat pestisida organik dianggap lebih ramah lingkungan dan relatif aman bagi kesehatan manusia dan hewan ternak.

Baca Juga: Jangan Kasih Kendor, Tips Basmi Kutu Daun Tanaman Cabe Dengan Sabun Insektisida

Untuk mengatasi daun keriting pada tanaman cabe secara organik, salah satu bahan pestisida yang dapat digunakan adalah kunyit.

Kunyit atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan nama Curcuma domestica ini mempunyai banyak manfaat.

Kunyit selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata bisa juga digunakan sebagai pestisida nabati yang berfungsi sebagai insektisida, fungisida dan untuk mencegah hama datang (repellent).

Kandungan yang terdapat di dalam rimpang kunyit cukup melimpah, seperti kurkumin, kurkumin, demetoksikurkumin, volatile oil (keton sesquiterpen, turmeron, zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sineol).

Baca Juga: Harus Dicoba! Cara Mengatasi Keriting Daun Pada Tanaman Tomat Dijamin Ampuh

Halaman:

Editor: Nur Nabila

Sumber: YouTube Hijau Buah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X