Mengakali Pohon Mangga Selalu Berbuah Lebat, Tak Mengenal Musim Buah Montok Selalu Hadir, Begini Caranya!

- Minggu, 27 November 2022 | 19:20 WIB
Mengakali Pohon Mangga Selalu Berbuah Lebat, Tak Mengenal Musim Buah Montok Selalu Hadir, Begini Caranya! (Berbagai sumber)
Mengakali Pohon Mangga Selalu Berbuah Lebat, Tak Mengenal Musim Buah Montok Selalu Hadir, Begini Caranya! (Berbagai sumber)

URBANBANDUNG – Begini cara mengakali agar pohon mangga selalu berbuah lebat, walaupun bukan musim berbuah mangga.

Pohon mangga selalu berbuah lebat ternyata sangat bisa terjadi di era pertanian modern saat ini, karena penggunaan zat perangsang pertumbuhan kian berkembang.

Salah satu ramainya zat agar pohon mangga selalu berbuah lebat adalah penggunaan zat paclobutrazol atau PBZ.

Seperti dilansir dalam laman dinas pertanian kabupaten Purbalingga, terkait penggunaan zat paclobutrazol sebagai upaya ikhtiar petani untuk pohon mangga selalu berbuah lebat.

Baca Juga: Rahasia Tak Terduga Racikan Kulit Bawang Ampuh Bikin Tanaman Lebih Subur, Rimbun dan Cepat Bertunas

Zat PBZ ini ternyata memiliki daya rangsang pertumbuhan bunga dan buah yang sangat tinggi.

Akibat dari daya perangsangannya yang tinggi pada pohon mangga, akan berakibat pada tumbuhnya bunga dan buah di luar musim masa panen.

Setelah ditelusuri lebih lanjut zat PBZ ini termasuk ke dalam jenis zat kimia triazole, yang membuatnya begitu kuat mempengaruhi pertumbuhan buah dan bunga saja.

Efek yang dominan terjadi adalah pertumbuhan cabang, ranting dan tinggi pohon mangga menjadi tidak maksimal, karena pohon akan berfokus pada bagaimana bunga dapat tumbuh.

Halaman:

Editor: Nur Nabila

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X