Hujan Tanaman Cabai Rawan Terkena Patek Segera Atasi dengan Olahan Daun ini Hama Minggat Sekarat

- Minggu, 27 November 2022 | 22:00 WIB
Musim Hujan Tanaman Cabai Rawan Terkena Patek Segera Atasi dengan Olahan Daun ini Hama Minggat Sekarat (situs tanesia)
Musim Hujan Tanaman Cabai Rawan Terkena Patek Segera Atasi dengan Olahan Daun ini Hama Minggat Sekarat (situs tanesia)

URBANBANDUNG - Ketika memasuki musim penghujan dengan udara lembab dan suhu yang dingin, banyak dijumpai tanaman cabai terkena hama yaitu patek.
 
Dari yang awalnya tanaman cabai tumbuh subur berdaun rimbun menjadi berdaun menguning, kering bahkan buahnya ada bercak. Tanaman cabai mengalami busuk buah atau ada bercak pada daun merupakan tanaman cabai terkena patek.
 
Jika tanaman cabai mulai menandakan kondisi daun atau buah yang terkena hama yaitu patek, ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil berwarna kehitaman dan permukaan buah terlihat seperti tertekuk. 
 
Adapun gejala lebih lanjutnya tanaman terkena patek yaitu buahnya mengkerut, kering, membusuk dan rontok. Bercak ini berbentuk bundar atau cekung dan berkembang di area buah yang belum matang dari berbagai jenis ukuran.
 
 
Terlambatnya penanganan dan pengendalian atau lambat diatasi akan berakibat fatal serta menimbulkan kematian pada tanaman cabai.
 
Berikut langkah yang bisa dilakukan ketika tanaman cabai terkena patek akibat perubahan cuaca pada musim hujan dengan menggunakan pestisida alami, seperti dikutip Urbanbandung.com dari situs Kampus Tani.
 
Bahan untuk membuat pestisida alami untuk tanaman cabai terkena patek bisa dari bahan alami yang mudah ditemukan.
 
Salah satunya yaitu daun kelor yang berkhasiat menyembuhkan penyakit bagi manusia. Pada kenyataannya zat yang ada di daun justru beracun bagi hama. Sehingga ia dapat diolah menjadi pestisida alami untuk tanaman cabai.
 
 
Daun kelor bisa diolah menjadi pestisida alami untuk tanaman cabai, pasalnya banyak mengandung zat tanin yang bisa mengganggu sistem pencernaan hama serangga dengan cara menurunkan enzim amilase sehingga membuat hama serangga mengalami kurang nafsu makan, hingga akhirnya menyebabkan ia mati.
 
Sementara itu flavonoid pada daun kelor mengandung antimikroba dan antivirus yang berperan bisa mengganggu sistem syaraf pernapasan hama, dan ini membuat hama akan kekurangan oksigen.
 
Kandungan zat ini sangat ampuh berperan membasmi hama, diantaranya ulat, serangga, tungau, kutu, Patek dan lain sebagainya 
 
Dikutip dari situs laman Kampus Tani, berikut adalah cara membuat pestisida alami pada tanaman cabai yang terkena Patek, yaitu dengan mengolah daun kelor untuk mengatasi hama Patek.
 
 
Bahan-bahan dan alat :
 
- 250 gr daun kelor tanpa batang, 
 
- satu gelas air bersih
 
- blender
 
- saringan
 
- botol semprot 
 
Cara mengolah daun kelor menjadi pestisida alami: 
 
1. Cuci daun kelor sampai bersih menggunakan air, ambil daunnya saja lalu masukkan ke dalam blender
 
2. Blender daun kelor sampai halus
 
3. Jika sudah saring ampas daun kelor tersebut sambil dituangkan kedalam botol
 
4. Diamkan selama 1 hari atau selama 24 jam.
 
5. Jika sudah tuangkan ke dalam botol semprot 
 
6. Semprotkan pestisida alami ini di semua area atas dan bawah daun hingga batang secara merata 
 
7. Lakukan penyemprotan pestisida alami dari daun kelor setiap satu minggu sekali di saat sore hari.
 
Demikian cara mengatasi tanaman cabai terkena patek dengan menggunakan olahan daun kelor, dengan memberikan pestisida alami ini pada tanaman cabai maka hama bisa minggat sekarat. Semoga bermanfaat.***

Editor: Nur Nabila

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X